Ada Pesan Penting Saat Buka WhatsApp Hari Ini

Pengguna WhatsApp kemungkinan besar bakal menemukan sebuah pesan penting saat membuka aplikasi tersebut hari ini, Jumat (26/8/2016). Isi pesan berupa pembaruan syarat pemakaian dan kebijakan privasi WhatsApp.

Pesan tersebut memberitahukan dua perubahan penting yang harus diterima oleh pengguna. Perubahan pertaman, untuk beberapa bulan ke depan, WhatsApp akan menghadirkan fitur iklan dalam layanannya.

Iklan tersebut tidak berbentuk banner, melainkan pesan broadcast dan Facebook Ads.
WhatsApp
Syarat baru penggunaan WhatsApp

Perubahan kedua, WhatsApp mengungkapkan bakal membagikan data milik pengguna, yang terdiri dari nomor telepon dan pola tingkah laku penggunaan aplikasi.

Untungnya, pengguna bisa menolak ketentuan baru tersebut. Saat pilihan itu dipilih, data milik pengguna tidak akan dibagikan kepada Facebook, tetapi tetap akan mendapatkan pesan brodcast iklan.

Bila setuju, artinya mengizinkan WhatsApp untuk membagikan data Anda kepada Facebook untuk kepentingan iklan tersebut.

Empat hal penting syarat dan kebijakan baru

Pantauan KompasTekno, setidaknya ada empat hal penting yang menjadi inti syarat dan kebijakan baru tersebut, yaitu:

1. Pesan tetap terenkripsi

WhatsApp berjanji tetap memasang enkripsi end-to-end, sehingga pesan yang dikirimkan pengguna tidak akan bisa dibaca oleh pihak ketiga atau siapapun. WhatsApp pun tetap tidak menyimpan pesan-pesan itu.

2. Tidak ada banner

Meski membuka jalan untuk monetisasi, dalam hal ini bekerja sama dengan perusahaan pemegang merek dan menyajikan iklan pada pengguna, WhatsApp berjanji tidak akan memunculkan banner yang mengganggu.

3. Pesan sponsor

WhatsApp mulai mengizinkan perusahaan pemegang merek untuk beriklan dalam platformnya. Iklan tersebut bakal dibungkus dalam bentuk pesan, layaknya SMS broadcast atau layanan masyarakat yang biasa dilakukan operator telekomunikasi.

Sebagai pengguna WhatsApp, Anda bisa saja mendapatkan notifikasi pesanan, transaksi, informasi jadwal pertemuan, informasi pengiriman barang, pembaruan produk dan layanan, serta soal status penerbangan.

Tentu saja, pesan itu akan mengandung tawaran promosi tertentu. WhatsApp menjanjikan tawaran ini bukanlah spam dan merupakan sesuatu yang menarik bagi pengguna.

Pengguna juga diberi keleluasaan untuk mengelola iklan tersebut. Namun tidak dijelaskan apakah pesan ini bisa ditolak atau pengguna sekadar dipersilakan menghapusnya setelah iklan masuk.

4. Sedikit pilihan

Selain akan menerapkan broadcast iklan, WhatsApp juga berniat membagi data penggunanya dengan Facebook. Data itu akan dipakai untuk meningkatkan relevansi iklan yang tampil di akun Facebook.

Pengguna lama diberi pilihan untuk menolak rencana berbagi data ini. Bila sudah menerimanya, pengguna juga bisa mengubah pilihan tersebut dalam rentang waktu 30 hari. WhatsApp menjanjikan menu pengubah pilihan ini akan muncul di bagian Settings>Account.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s